Beberapa Tentang Kopi

03:44 Heri 31 Comments

Jari ini mulai menari lagi diatas keyboard sekitar jam 03.45 pagi. Winamp yang sejak sore bunyi terus langsung gw close, diganti lantunan lagu live dari temen temen gw di pos ronda yang sudah gak terpakai di samping warnet gw. kebetulan mungkin pada saat itu mereka lagi pingin melantunkan lagu lagu Peterpan yang Lama. Lumayan adem untuk nenangin hati gw :)

Sesekali ge teguk kopi yang sebelumnya sudah gw buat khusus untuk menemani posting pagi ini. Ngomong ngomong soal minuman yang satu ini, mungkin udah gak asing lagi di telinga sobat sekalian. Dari warung-warung yang ada di pinggir jalan sampai food court yang ada di mall-mall gak ketinggalan menyediakan minuman yang berasal dari biji kopi ini. minuman ini memang cocok banget sebagai teman waktu baca koran pagi, nongkrong bareng temen, atau penyemangat sewaktu begadang. Apalagi bagi Blogger yang hanya bisa nangkring depan komputernya itu malam atau pagi hari doang.
Tapi, selama ini jujur gw belum tau bahaya juga manfaatnya dari meminum kopi. Setelah browsing-browsing, ternyata m`bah Google nyimpen banyak artikelnya.
Gw coba buka salah satunya, diawali dari sejarahnya.


Mulanya tumbuhan kopi ditemukan oleh seorang Sufi Ali Bin Omar dari Yaman. Ia merebus kopi sebagai obat penyakit kulit dan obat-obatan lainnya. Sehingga pada waktu itu kopi mendapat tempat terhormat di kalangan masyarakat negeri itu. Dari khasiat kopi tersebut akhirnya membawa kemakmuran bagi pemilik-pemilik kebun kopi, pengusaha kedai kopi, pedagang kopi, eksportir kopi, dan pemerintah di berbagai belahan dunia tanaman minuman beraroma khas itu ditanam.

Di dunia terdapat dua jenis kopi yang pasti udah banyak dikenal yaitu Robusta dan Arabika. kopi jenis robusta ini banyak beredar bebas di pasaran dalam bentuk kemasan instan berharga murah, kalau jenis arabika ini lebih eksklusif karena jenis arabika punya segmen pasar tersendiri. Produksinya hanya sekitar 10% dari produksi kopi dunia. Biasanya menu kopi di kafe-kafe menggunakan jenis kopi ini sehingga lebih mahal harganya. Kadar kafeinnya juga lebih rendah. Namun, jenis ini kurang tahan cuaca sehingga umurnyapun lebih pendek.

Bahaya Dan Manfaat Dari Kopi
Menurut analisis kedokteran,
dalam kopi terdapat sejenis senyawa kimia xantin. Derivat senyawa ini meliputi kafein, teofilin dan teobromin dalam coklat.

Kafein ternyata dapat menimbulkan perangsangan terhadap susunan saraf pusat (otak), sistem pernapasan, serta sistem pembuluh darah dan jantung. Sebab itu tidak heran setiap minum kopi dalam jumlah wajar (1-3 cangkir), tubuh jadi terasa segar. bergairah, daya pikir lebih cepat, tidak mudah lelah atau mengantuk. Dampak positif ini menyebabkan orang sulit terlepas dari kebiasaan minum kopi. Namun, sebenarnya manfaat di atas tidak berlaku bagi seseorang yang pekerjaannya memerlukan ketelitian, kerapian, serta ketetapan menghitung, seperti matematika, menggambar atau melukis. Sebaliknya, minum kopi lebih tepat bagi orang yang belajar ilmu-ilmu sosial atau menghapal. Minumlah sekitar setengah sampai satu jam sebelum aktivitas belajar atau menghapal dimulai.

Efek Negatif
Dalam dosis berlebihan (antara 250-750 mg atau 2-7 cangkir kopi) dapat menimbulkan kegelisahan, mual, sakit kepala, otot tegang, gangguan tidur, dan palpitasi jantung (jantung berdebar), terkadang juga anoreksia. Sementara jika dosisnya lebih tinggi lagi (di atas 750 mg), akan muncul berbagai gangguan emosi dan indra, utamanya pendengaran dan penglihatan (http://www.caryacademy.org)

Namun, sisi negatif kafein tak hanya bakal terasa sesegera itu saja. Serangkaian penelitian telah mengintip efek jangka panjangnya. Dalam Reader’s Digest edisi Desember 1994, yang mengutip laporan penelitian yang dibiayai The US National Institute of Child Health and Human Development and The US National Institute on Drug Abuse, memberitakan bahwa wanita yang mengonsumsi 300 mg kafein setiap harinya memiliki kesempatan 27% lebih rendah untuk hamil dibandingkan mereka yang terbebas darinya. Meski mekanismenya belum diketahui pasti, sebuah hipotesis mengatakan, kemungkinan substansi ini dapat menurunkan level hormon, semisal estrogen hingga memengaruhi ovulasi.
Sebenarnya masih banyak lagi efek negatifnya, tapi lumayan cape juga ^^

Manfaat Bagi Kesehatan
Telah lama orang curiga akan efek negatif dari kopi, sehingga sedikit mengejutkan bahwa penelitian terakhir menunjukkan bahwa mengkonsumsi 2-4 cangkir kopi setiap hari mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Di antaranya:

  • mengurangi resiko kanker usus besar sampai 25% (dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kopi),
  • mengurangi resiko batu empedu sampai 45%,
  • mengurangi resiko sirosis hati sampai 80%,
  • mengurangi resiko penyakit Parkinson 50-80%,
  • mengurangi frekuensi serangan asma sampai 25%, dan
  • menurut pengamatan banyak perawat selama beberapa tahun, mengurangi tingkat bunuh diri.
Jadi, mulai sekarang minumlah kopi dalam jumlah konsumsi yang wajar. Terlalu sering beresiko, tidak sama sekalipun sedikit beresiko ^^.
Dan sering seringlah berolah raga.
semoga sobat sekalian sehat selalu...

31 comments:

  1. Untung Gue ngopinya jarang2 ahahaha banyakan minum aer putih aja...

    ReplyDelete
  2. aku suka banget minum kopi .. :D

    tapi ga bisa tiap hari . soalnya tiap kali minum kopi , pasti malemnya susah tidur . padahal aku cuma minum 1 gelas doang .

    [ dohh . kebiasaan banget nih si kucingteler ini .. tiap komen dipostingan orang , pasti ujungujungnya curhat . hiks . ]

    hehehe . maap yaa . :D

    ReplyDelete
  3. Duhhhhh mang minum kopi bisa mempunyai kesempatan hamil lebih rendah ya dibanding yang engga......walahh kalo gitu aku sering2 aja minum kopi bisa buat kb alami(hahahahaha.....kaburrrrrrr)

    ReplyDelete
  4. wah...kopi ya..? sungguhlah nikmat kalo diminum, asal jangan copy paste aja soalnya ngga bisa diminum..wakakak..
    slam kenal..

    ReplyDelete
  5. ngopi??
    aku baru tau tuh kalo kopi banyak juga manfaatnya...
    aku sih jarang ngopi, palingan kalo penting aja,, kaya ngopi modul kuliah,ngopi catatan temen kalo lagi bolos kuliah, ngopi jawaban temen pas ujian (nyontek)...hehehe
    link exchange yuk!
    :)

    ReplyDelete
  6. asik bener infonya, yuuk ngopi dulu sebelum dibikinin fatwa haram hi hi hi :-)

    ReplyDelete
  7. wadyuh pusing kalo sehari kagak ngupi sobb...
    hehehe...

    ReplyDelete
  8. Gitu ya sejarah kopi...baru tau tuh padahal tiap mlm aku konsumsi

    Thx ya mas infonya :D cheer's

    ReplyDelete
  9. walau bagaimanapun.. kopi yang menjaga gw supaya stay awake... secara tidak langsung mendukung acara blogwalking yang dilakukan dimalam hari... :):)
    salam sayang buat warga cileungsi dari cibinong.. kapan2 kita kopdar ya... :)

    ReplyDelete
  10. wah ternyata kopi juga berdampak negatif ya..
    saya sih sebenernya ga suka kopi..

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  12. walau bagaimanapun.. kopi yang menjaga gw supaya stay awake... secara tidak langsung mendukung acara blogwalking yang dilakukan dimalam hari... :):)

    ReplyDelete
  13. saya setuju asal jangan berlebihan aja sih mengkonsumsi kopinya.

    ReplyDelete
  14. sekarang jadi gak perlu takut minum kopi lagi nich..
    yang penting dalam batasan sewajarnya...

    ReplyDelete
  15. bisa menyebabkan kematian jug loh

    contohnya mbah surip .. heheh

    ReplyDelete
  16. Terima kasih atas informasinya, semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete

Ternyata Meninggalkan Komentar Adalah Sebagian Dari Cara Meningkatkan PageRank :)