Penting Gak Sih UAN Itu...?

21:24 Heri Yansah 14 Comments

Sebenernya penting nggak sih ujian nasional itu?, apakah sekoalah jenjang SMP, SMA atau STM yang 3 tahun lamanya itu cuma ditentuin ama ujian 4 hari doang?, yang bikin juga bukan gurunya.. tapi orang lain yang sama sekali nggak pernah ngasih materi pelajaran......

UAN plus minusnya

Melihat penting dan tidaknya uan tinggal kita mau lihat dari segi mana? kalau hanya melihat uan sebagai momok, apalagi berdampak banyak kecurangan dan ketidak jujuran memang itu jadi gak penting. tapi kalo ngeliat uan sebagai suatu strategi untuk pembaharuan sistem pendidikan di indonesia itu penting. liat tuh negara - negara maju dah rata-rata di atas 7.00 SKMnya.

UAN ya atau tidak....................

Misalnya saja UAN itu nggak ada, bagaimana orang bisa mengukur standar kualitas pendidikan di Indonesia. UAN bisa menjadi semacam sertifikasi hasil pembelajaran selama ini. Semestinya kalau ada UAN, ya harus ada standarisasi kurikulum tingkat nasional. UAN harus ada untuk standarisasi dan pengukuran barometer keberhasilan pembelajaran, tetapi dengan prosedur yang mengarah ke sana. Biasanya soal-soal UAN tidak ada sama sekali hubungannya dengan pelajaran. Semestinya dengan UAN, segera tentukan buku standard yang ada, sehingga siswa tidak dibingungkan dan soal-soalnya harus selalu diperbaharui, tidak meniru soal-soal yang dulu, kalaupun ada soal yang sama harus divariasi. Selama ini siswa-siswa dibebaskan memakai sumber pelajaran yang berbeda-beda antara daerah satu dengan yang lainnya.
Dengan UAN, siswa-siswi harus menguasai pelajarannya lebih dulu sejak awal tahun masuk...........
Jangan sampai pas menjawab soal hanya menghitung kancing baju.....................
Dengan UAN dan standarisasi pelajaran, dimungkinkan siswa dari Sumatra bisa melanjutkan belajar di Jawa, atau sebaliknya, siswa Kalimantan bisa belajar di Sumatra atau sebaliknya, pokoknya belajar lintas daerah.
Akan tetapi mulok tetap harus ada.....................walaupun tidak di UAN-kan.
Tidak seharusnya menganaktirikan ilmu-ilmu sosial dari ilmu eksakta.....................


14 comments:

  1. gx tw ah!
    pkok'y jalani aj dulu..
    tp UAN itu emg bkin stress!
    *haha*
    :D

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. bagi saya UAN itu penting,,. karena kemampuan kita bis di akui oleh negara,..

    ReplyDelete
  4. mungkin menurut saya tidak perlu ada UAn..

    soalnya kalau ada UAn juga pasti dapat BOCORAN...

    ReplyDelete
  5. emz pentinx jg ce, v klw di adakn jg pzti akhir'y sk ada bcoran jg......

    ReplyDelete
  6. kebanyakan anak sekarang kalo ga bisa jawab .. hanya ngitung kancing ,, hehe kaya saya dulu

    ReplyDelete
  7. Terima kasih atas informasinya dan artikelnya , semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete

Ternyata Meninggalkan Komentar Adalah Sebagian Dari Cara Meningkatkan PageRank :)