Social Network

19:27 Heri Yansah 12 Comments

Manusia adalah mahluk sosial. Karakter ini ternyata tetap muncul dalam dunia teknologi informasi khususnya internet. Seperti yang telah kita ketahui internet telah merubah cara orang-orang untuk berinteraksi, bekerja dan berkomunikasi. Perbedaan budaya, letak geografis dan jarak ternyata tidak membuat intensitas serta kualitas interaksi menjadi berkurang. Saat awal-awal berkembangnya teknologi internet, e-mail merupakan teknologi yang dirasakan sangat signifikan merubah cara orang-orang untuk berkorespondensi dan berinteraksi. Berikutnya dengan gelombang internet teknologi Web 2.0 terdapat suatu fenomena yang cukup menarik, yaitu situs jejaring sosial (Social Networking Web).

Dengan situs web tersebut kita dapat
bergabung dengan komunitas pengguna situs tersebut. Mungkin sebagian besar pengguna komunitas yang kita kunjungi adalah rekan-rekan kita atau bisa jadi teman baru yang kita kenal di dunia “maya”. Situs jejaring sosial marak bermunculan beberapa tahun belakangan ini. Ibaratnya bagaikan suatu ruangan yang sangat luas di “dunia internet”, tempat berkumpul banyak orang yang sudah kita kenal atau barangkali ingin kita kenal. Kita juga bisa “mengundang” orang-orang yang kita kenal tapi belum tergabung dengan komunitas jejaring sosial tersebut untuk ikut bergabung.
Selanjutnya dalam komunitas jejaring sosial kita bisa bertukar informasi, berkomunikasi secara virtual,membentuk sub-sub komunitas berdasarkan kesamaan suatu hal. Banyak lagi kegiatan interaksi yang bisa dilakukan tergantung fasilitas yang disediakan masing-masing situs.

Boleh jadi awalnya situs-situs jejaring sosial isinya lebih banyak terkait hal-halyang sifatnya “fun” dan nostalgia riatapi selanjutnya terjadi perkembangan yang mengarah ke arah profesionalisme. Mungkin awalnya situs-situs jejaring sosial hanya mewadahi untuk sekedar komunitas biasa, komunitas pertemanan atau nostalgia ria. Ternyata situs-situs jejaring sosial mulai bertransformasi menjadi tempat untuk melakukan kontak bisnis ataupun komunitas-komunitas yang lebih serius.

Para pengguna mulai memanfaatkan situs-situs jejaring sosial sebagai alat yang mendukung profesi ataupun wirausaha. Info kontak person dapat membantu menemukan beragam rute dan informasi menuju jenis perusahaan yang diinginkan ataupun peluang bisnis baru. Para pengguna situs jejaring sosial pun mulai bergeser, tidak hanya didominasi oleh generasi muda atau remaja, golongan tua pun sudah mulai melirik situs jejaring sosial sebagai tempat favorit bersosialisasi.

Tetapi dibalik fungsi dan fiturnya yang membantu hubungan sosialisasi manusia modern, ‘wajah’ social network juga sering kali tercoreng oleh banyak kasus yang berkaitan dengan moral, kekerasan, kejahatan, rasisme, rusaknya perkawinan, bahkan terorisme! Segala sesuatu yang diposting/dipublikasikan kedalam jaringan sosial seperti teks, video, dan gambar dapat mempengaruhi orang banyak yang melihatnya.

Berikut adalah beberapa contoh kasus dari berbagai negara yang rangkum dari berbagai website berita dan dilansir melalui Detikinet.

* Plot Pembunuhan Presiden Bolivia Terungkap di Facebook
* Pernikahan 6 Tahun Kandas di Facebook
* Palsukan Profil Facebook, Pelajar ‘Panen’ Foto Bugil
* Pejuang Jihad Invasi ke Facebook
* Ubah Status di Facebook, Suami Habisi Istri
* Rasisme Merebak di Facebook
* Dibujuk via MySpace, Gadis Jadi Korban Pesta Seks
* MySpace Usir 90 ribu Predator Internet
* Gara-gara Komentar di Myspace, Kakak Aniaya Adik
* Jualan Doping di MySpace, Digelandang Polisi
* Dilarang Akses MySpace, Anak Tikam Ibu

Dan juga Banyak user yang beranggapan bahwa jejaring sosial sekelas Facebook akan aman dari serangan virus. Tidak demikian, dikarenakan tidak ada sistem keamanan jaringan yang benar-benar aman di dunia ini selama itu adalah buatan manusia.

Salah satunya sempat ditemukan virus berjenis trojan/worm yang menyerang jejaring sosial khususnya Facebook. Namun, kini sudah menyebar ke jejaring sosial lainnya seperti Bebo,MySpace,MyYearbook dan Friendster. Virus itu dinamai KoobFace artikel lengkap

Itulah contoh NYATA dan sedikit pelajaran bagi siapapun pengguna Social network bahwa segala tindakan, posting, komentar, dan tindak-tanduk seseorang didunia maya dapat mempengaruhi orang lain! Hati-hati jika sudah dalam taraf kecanduan! Pergunakanlah Social Network dengan bijak, gunakan untuk hal yang positif seperti membangun relasi dengan orang-orang lain yang memiliki minat dan hobi yang sama dengan kita.

dan terakhir...
ada yang punya pendapat juga tambahan lain..?? ^__^

12 comments:

  1. Nice post, kalau saya pribadi memang social networking untuk menjalin ralasi dengan kawan-kawan yang seide disamping sebagai wadah untuk sekedar saling keep in touch dengan kawan-kawan lama dan sobat-sobat lama, tidak jarang ada kawan saya yang ketemu temen es de nya di fesbuk..hanya kadang memang untuk menerima temen kita kudu hati-hati agar jangan sampai temen yang tiba-tiba add nama kita malah membuat onar :)
    Met malam..

    ReplyDelete
  2. nice post sob....
    ada gunanya jg loh Social Network..
    bener kata mam hilda...bisa ketemu temen2 jaduh hehehe....

    ReplyDelete
  3. kaga ngerti sih...tp boleh jg nih klo mo mulai

    ReplyDelete
  4. kalo saya mah bikin akun di social networking cuman untuk mengamankan akun atas nama pribadi, tapi gak pernah sampe intens banget.

    btw, thank's infonya, manteb!

    ReplyDelete
  5. sangat dibutuhkan emang bro, coba lihat di Internet berjibun ribuan social network bookmark seperti facebook dan twitter

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. social network adalah salah satu cara untuk mendatangkan pengunjung ke blog saya

    ReplyDelete
  8. Terima kasih atas informasinya, semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete

Ternyata Meninggalkan Komentar Adalah Sebagian Dari Cara Meningkatkan PageRank :)