Istirahat Tidur

20:48 Heri Yansah 27 Comments

Suasana malam masih seperti malam yang udah-udah.
Dingin, lapar, kantuk... Nano nano jadinya ^^
yaa karena memang hampir setiap harinya daerah Bogor selalu diguyur hujan.
Dingin yang menusuk pun sudah langganan menyelimuti gelap malam di Bogor.

Kalau sudah begini badanpun jadi terasa cape, lelah, letih, lesu, pegel-pegel, dan kesemutan.. hehee..
Pinginnya sih minum kopi, tapi males bikinnya..
Pingin ikut "Ngadurukan" (bakar bakar apa gitu biar anget, tapi bukan bakar rumah orang.. ^_^) tapi males jalannya...
yaa emang dasar gw yang pemalas..
Lagipula gw udh cape banget, pingin rasanya istirahat sejenak.

hhhmm..

Pingin tau gak..???
Dalam satu hari, jantung kita berdetak sebanyak 100.000 kali, darah kita mengalir melalui 17 juta mil arteri, urat darah halus dan juga pembuluh-pembuluh darah. Kita berbicara sebanyak 4.000 kata, bernafas sebanyak 20.000 kali, menggerakkan otot-otot besar sebanyak 750 kali, dan mengoperasikan 14 milyar sel otak. Karena itu manusia membutuhkan istirahat.
Istirahat yang besar membawa pemulihan, dan penambahan kekuatan setelah digunakan. Tidur merupakan faktor penting dalam istirahat, dimana selama tidur semua fungsi-fungsi tubuh terisi diperbaharui lagi. Istirahat tidak hanya mercakup tidur, tetapi juga bersantai, perubahan dalam aktifitas, menghilangkan segala tekanan-tekanan kerja atau maasalah-masalah lainnya.

Setiap manusia membutuhkan waktu tidur kurang lebih sekitar sepertiga waktu hidupnya atau sekitar 6-8 jam sehari. Secara alami dan otomatis jika tubuh lelah maka kita akan merasa mengantuk sehingga memaksa tubuh kita untuk beristirahat secara fisik dan mental.Dengan waktu tidur yang cukup maka kita akan merasa segar bugar ketika bangun pagi dan siap melakukan berbagai aktifitas sepanjang hari dari pagi hingga malam. Normalnya manusia tidur pada saat malam hari hingga pagi hari, namun tidak jarang ada orang yang bisa tidur dari siang sampai malam hari karena tuntutan pekerjaan (misalnya Blogger yang berkesempatan nangkring depan komputernya untuk blogkamling ^_^) atau karena sudah terbiasa.

Menurut penelitian, orang yang tidur selama 6,5 sampai 7,5 jam dalam sehari akan memiliki hidup yang lebih panjang dari pada yang tidurnya hanya memakan waktu kurang dari 6,5 jam atau lebih dari 8 jam perhari.Adduuhh... gw slalu tidur dari jam 6.00 pagi sampai jam 11.00 siang doang... T_T

Adalagi.. Studi menunjukkan dimana setelah kita bangun dari tidur yang cukup, otak kita kembali berfungsi dengan sangat baik. Pencapaian persetujuan, pengertian /pemahaman segala jenis masalah biasanya dapat diselesaikan dengan sukses apabila dilakukan pada pagi hari dibanding pada di waktu malam hari. Pertumbuhan hormon penting untuk meningkatkan kualitas, ukuran dan efisiensi otak, juga meningkatkan pengangkutan asam amino dari darah ke otak, yang memungkinkan sel urat syaraf untuk dapat memiliki pengetahuan yang permanen dan berguna. Kebanyakan dari pertumbuhan hormon diproduksi pada saat kita itdur dengan tenang (tanpa beban)

A. Kegunaan atau fungsi dari Tidur yang cukup :

1. Regenerasi sel-sel tubuh yang rusak menjadi baru.
2. Memperlancar produksi hormon pertumbuhan tubuh.
3. Mengistirahatkan tubuh yang letih akibat aktivitas seharian.
4. Meningkatkan kekebalan tubuh kita dari serangan penyakit.
5. Menambah konsentrasi dan kemampuan fisik.

B. Jenis-jenis / Macam-macam Gangguan Tidur / Insomnia :

1. Insomnia transient yang bersifat sementara
2. Insomnia jangka pendek yang dapat berlangsung selama beberapa minggu
3. Insomnia kronis yang dapat diderita selama lebih dari tiga minggu

T_T Mudah-mudahan gw bukan yang nomer 3..

Sebelum gw istirahat, ada saran untuk lo semua..
Supaya istirahat lo lebih mantep.
Coba deh sambil dengerin lagu ini.
Bisa didownload di Youtube.. ni url video diprofil gw..
SiAnakJalanan

Yang ini url langsung ke videonya...

Utada Hikaru - First Love (Piano Instrumental)

MCR Piano Tribute - Welcome To The Black Parade

M C R Piano Tribute - Helena

27 comments:

  1. tidur emang paling enak..hehehe..
    apalagi pas lagi ujan..dingin..
    salam kenal...

    ReplyDelete
  2. oh pantes td error...hehe


    klo aku paling cepet tidur jm1 n bangun jm5
    susah banget ngilanginnya

    ReplyDelete
  3. met tidur ya..semoga bermimpi indah hehehe

    ReplyDelete
  4. makasih infonya....
    gw termasuk nmr brp yaaa...
    gini hari msh ngeronda hahahah..

    ReplyDelete
  5. oh my god, oh my god *panik mode on*

    pantesan kalau habis bangun bukannya jadi seger, malahan semakin crazy,crazy dunk-dunk.

    soalnya gue tidur jam 12 malam dan bangun jam 6 pagi. ... (nangis nih)

    ReplyDelete
  6. Abis makan tidur, truz hujan lagi........!

    makin lelap ja tuh tidur nya kalo situasi gitu

    ReplyDelete
  7. urang sunda nya? tidur yang nyenyak.. tong hilap gugah!

    salam
    pongpet

    ReplyDelete
  8. tidur itu sangat penting, tapi kebanyakan tidur juga ga baik.

    di bogor ya?

    ReplyDelete
  9. nais inpo bro, mantab impormasinya, salam kenal dari cibinong :)

    ReplyDelete
  10. yakk.. kebetulan klo sy kena penyakit akut yg nomer 2 itu :))

    ReplyDelete
  11. wah gwat,aku tdur malem truz..palagi lo bis siaran malem..

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. makasih atas infonya...
    klo susah tidur terus minum obat tidur tuh gimana??
    berbahaya gak??

    ReplyDelete
  14. kalau susah tidur ada obat nya gk?

    susah tidur nih?

    ReplyDelete
  15. mungkin susah tidur di karenakan insomnia...

    hehe

    ReplyDelete
  16. haduhh kebetulan sekarang ini saya suka tidur larut malam nich,,,,

    ReplyDelete
  17. memang berbahaya banget tuh klo dah terkena insmonia...

    ReplyDelete
  18. yapz...
    banyak sekali efek negatif dari kurang tidur...

    ReplyDelete
  19. Terima kasih atas informasinya, semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete

Ternyata Meninggalkan Komentar Adalah Sebagian Dari Cara Meningkatkan PageRank :)